Belajar Bahasa Inggris Gerund

 Belajar Bahasa Inggris Gerund

Menguasai bahasa inggris adalah impian semua orang, maka dari itu banyak sekali orang yang berlomba-lomba dalam berlajar bahasa inggris. Belajar kosa kata dalam bahasa inggris alias (Vocab) itu mudah saja. Tetapi banyak orang yang bingung akan masalah gerund dalam bahasa inggris. Artikel kali ini saya akan memberikan sedikit mengenai gerund.

Gerund


Arti gerund adalah Kata kerja yang digunakan atau berfungsi sebagai kata benda (Noun) dengan cara menambahkan -Ing pada kata kerja (Verb) tersebut . Perhatikan 2 kalimat berikut coba cermati mana yang menggunakan kata kerja dan mana yang menggunakan kata gerund.

  • My Brother is Swimming now (Verb)
  • Swimming is My Brother's Hobby (Gerund)
2 kalimat diatas memang sama-sama menggunakan kata yang menggunakan -Ing, namun memiliki fungsi yang berbeda. Dalam kalimat pertama memang kata tersebut berfungsi kata kerja, karena menggunakan present continuous tense dimana kata kerjanya memang menggunakan kata kerja -Ing. Dimana kalimat kedua merupakan kalimat kata benda (Verb), karena Swimming posisinya sebagai subject kalimat.

 Belajar Bahasa Inggris Gerund

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tentang pengertian atau definisi gerund yang berfungsi sebagai kata benda, maka gerund bisa digunakan sebagai subject, object, complement (pelengkap pokok kalimat), dan membentuk kata majemuk /compound words. Wah kok banyak bener ya kegunaan gerund? Hehe memang.. Masih bingung? Tenang, nanti kita bahas satu persatu tentang kegunaan gerund. Yang penting sekarang kita sudah tahu pengertian dan contoh gerund serta dengan kegunaanya secara umum dulu. Baru setelah ini akan kita kupas tuntas kegunaan gerund. Ready??

Pengertian dan Contoh Gerund beserta Kegunaannya


1.        Gerund as subject (sebagai subject).
Apabila gerund berfungsi sebagai subject, maka gerund dapat berdiri sendiri atau berbentuk frasa (phrase), gerund sebagai subject tentunya terletak di awal kalimat.
Contoh:
          Smoking is the worst habit (merokok adalah kebiasaan yang terburuk)
          Crying makes my feeling better (menangis membuat perasaanku lebih baik)
          Walking along the way home made me thirsty. (Phrase)
          Being beautiful makes her a little bit arrogant (phrase)
          Running from the problem brings you to another problem. (Phrase)
2.      Gerund as object (sebagai object)
Sebagai object, gerund mempunyai 2 (dua) kemungkinan yaitu sebagai:
Object kata kerja (verb) dan object kata depan (preposition)
  •         Sebagai object kata kerja (verb)
Contoh: Rani enjoyed talking to a foreigner from Sweden.
              My teacher excuses giving a punishment for them.

 Belajar Bahasa Inggris Gerund


Pengertian dari gerund sebaga object kata kerja (verb) adalah ada beberapa verb (kata kerja) yang harus diikuti oleh v-ing (gerund), berikut ini adalah contoh kata kerja yang diikuti wajib oleh gerund.

Untuk memahami persoalan gerund dan tenses memang agak rumit, maka dari itu kamu memerlukan pemahaman yang lebih dalam lagi, tetapi jangan diambil pusing kamu bisa belajar mengenai hal tersebut di Al-Azhar Academy. Kamu akan diberikan materi yang lengkap persoalan tersebut.

Komentar